Snack Untuk Pasien Covid

Snack Untuk Pasien Covid

Snack untuk pasien Covid, Virus corona adalah virus yang tidak boleh dianggap remeh, virus yang satu ini sudah ada banyak memakan korban di seluruh dunia, sehingga sudah seharusnya kita menjaga diri agar tidak terpapar oleh virus yang sangat membahayakan ini.

Untuk melawan virus coviud 19, belum ditemukan obat yang benar benar efektif untuk menuntas dan membunuh virus sampai benar benar habis. Sistem kekebalan tubuh menjadi satu satunya yang bisa diandalkan untuk melawan virus corona dari dalam tubuh. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya protein dan termasuk dengan orang orang yang telah menjadi pasien dari covid. Berbagai macam protein disarankan untuk dikonsumsi seperti protein nabati, vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Dalam dunia kedokteran, kita dianjurkan untuk beralih  ke pola makan nabati, apalagi bagi pasien yang berada dalam kelompok yang risiko tinggi seperti misalnya kegemukan, diabetes, dan berusia di atas 60 tahun.

Para pasien covid disarankan untuk mengurangi makanan yang dapat menyebabkan peradangan seperti produk susu, makanan olahan, dan daging agar kekebalan tubuh menguat. Selain mengkonsumsi makanan untuk pasien covid yang mengandung protein nabati, penting juga memenuhi kebutuhan vitamin dengan makan buah dan sayuran. 

Vitamin C adalah vitamin yang disarankan untuk dipenuhi sebab vitamin C berfungsi sebagai pengurang inflamasi paru-paru yang merupakan salah satu gejala COVID-19. Dan Vitamin D dapat melindungi tubuh dari infeksi saluran pernapasan. Sementara untuk zinc dapat membantu mempersingkat gejala hidung tersumbat, keluarnya cairan dari hidung, sakit tenggorokan, dan batuk sehingga menjadi lebih cepat sembuh. 

Makanan untuk pasien COVID-19

Sebagai pasien covid 19, sebaiknya bisa menjaga sistem kekebalan tubuh, sistem imun dibangun ketika tubuh harus melawan segala sesuatu, mulai penyakit pilek, flu, hingga infeksi.  Zat pembangun sistem imun dibantu oleh zat gizi mikro dalam makanan. Misalnya, antioksidan, vitamin, dan mineral. Semua zat itu bisa sahabat peroleh dari buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  1. Jeruk

Tubuh tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan vitamin C, maka dari itu kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan makanan yang kaya akan vitamin C, misalnya seperti buah jeruk. Buah jeruk dapat menjadi pengganti snack atau cemilan sehari hari. Kandungan yang terdapat di dalam vitamin C dapat bertindak sebagai antioksidan dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

  1. Brokoli

Jika di dalam jenis buah jeruk menjadi makanan yang dianjurkan, maka dalam jenis sayur,brokoli adalah sayur yang paling disarankan untuk dikonsumsi. Di dalam brokoli mengandung vitamin A, C, serta E. dalam brokoli juga mengandung fitokimia yang baik untuk menjaga sistem imun. 

Selain dari itu, brokoli juga sayur yang dipercaya sebagai sumber dari lutein, sulforaphane, dan antioksidan tinggi. Ketika memasak sayur brokoli, dianjurkan untuk memasaknya setengah matang saja agar kandungan yang ada di dalamnya tidak hilang ketika dimasak.

  1. Bawang putih

Sifat anti virus yang terdapat di dalam bawang putih dapat membantu mengurangi gejala pilek, flu, atau infeksi COVID-19. Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian, orang orang yang mengkonsumsi suplemen bawang putih selama musim dingin lebih sedikit terkena flu dibanding mereka yang mengonsumsi pil plasebo. 

  1. Jahe

Selain bawang putih, jahe juga memiliki kemampuan yang cukup baik dalam melawan virus di dalam tubuh. Kandungan yang terdapat di dalam jahe juga dapat mengurangi peradangan, dan pembengkakan kelenjar atau sakit tenggorokan dan peradangan lainnya.

Gingerol, senyawa bioaktif utama dalam jahe juga dapat mengurangi rasa sakit dan melawan mual, anti-inflamasi dan antioksidan tinggi. 

Nah itulah beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai pengganti dari snack atau cemilan sehari hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *