Mengapa Susu Baik Dikonsumsi, ini alasannya

Mengapa Susu Baik Dikonsumsi, ini alasannya

Mengapa Susu Baik Dikonsumsi, ini alasannya, Susu memang belum menjadi minuman harian bagi semua orang. Banyak orang yang hanya mengkonsumsi susu saat masih bayi, ketika hamil, menyusui dan bahkan hanya ketika tulang mengalami masalah seperti misalnya keropos. Padahal jika kita sudah dapat membiasakan diri untuk mengkonsumsi susu di tiap harinya selama usia produktif, tentu kita tidak akan sempat mengalami masalah pengeroposan tulang. Apalagi jika perempuan yang rentan mengalami masalah osteoporosis. Ketika hamil dan menyusui, kalsium di tubuh kita akan banyak terserap oleh bayi sehingga kita perlu menambah asupan kalsium ini.

Mengkonsumsi susu tidak hanya akan berdampak pada tulang saja, melainkan ada banyak manfaat yang dapat diberikan oleh susu jika kita mengkonsumsinya secara rutin, dan berikut ini ada beberapa alasan mengkonsumsi susu itu baik dan berikut beberapa diantaranya.

Menjaga Berat Badan

Salah satu manfaat dari mengkonsumsi susu adalah dapat menjaga berat badan menjadi tetap stabil. Beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi susu lebih banyak produk olahan susu akan lebih ramping. Kadar lemak tubuh pun lebih rendah daripada mereka yang jarang minum susu. 

Susu memang lebih mampu membuat kita merasa kenyang, ketimbang jenis minuman lain. Kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh kandungan proteinnya.

Pembentukan Tulang

Dalam kandungan susu terdapat sebuah kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh dan asupan ini sangatlah penting untuk didapatkan agar tulang tidak mudah menjadi rusak.

Kalsium adalah salah satu serat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjalankan fungsi dari organ dalam tubuh.

Ketika tubuh mengalami masalah dengan kekurangan kalsium, maka tubuh akan menyerap kalsium dari dalam tulang dan jika terus menerus dibiarkan maka lama kelamaan tulang akan menjadi keropos sehingga menyebabkan berbagai macam masalah terhadap kesehatan tulang.

Agar asupan kalsium di dalam tubuh tidak menjadi kurang yang berdampak pada kesehatan tulang, maka mulailah dari sekarang untuk mengkonsumsi susu setiap harinya.

Sumber Vitamin D

Vitamin D tidak hanya penting untuk penyerapan kalsium, tetapi juga dapat membantu memperbaiki sistem kekebalan, mengurangi risiko beberapa penyakit kanker, diabetes, dan multiple sclerosis, dan menjamin tekanan darah yang lebih baik. Orang orang yang mengkonsumsi susu secara rutin memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik sehingga tidak mudah terserang gejala gejala penyakit ringan.

Mendukung Pembentukan Kekuatan Otot

Dalam kandungan susu terdapat 16% asupan harian untuk protein, yang dapat berfungsi untuk membangun serta memperbaiki jaringan jaringan pada otot.

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa dalam susu coklat terkandung serat yang dapat mengembalikan energi yang hilang sehingga sangat dianjurkan untuk anda yang kerap kali melakukan sebuah kesibukan setiap harinya yang menghabiskan banyak energy, untuk mengkonsumsi susu secara rutin.

Membuat Tidur Menjadi Nyenyak

Saat anda mengalami masalah dengan tidur, anda juga bisa mengkonsumsi susu sebagai minuman sebelum anda tidur, sebab kandungan yang terdapat di dalam susu dapat membuat tubuh menjadi rileks, menurunkan tingkat stress dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Mengkonsumsi susu sebelum tidur, dianjurkan 2 atau 3 jam sebelum tidur, agar ketika kita tidur tubuh sudah mulai dapat mencerna susu dan mengambil serat didalamnya dan mengalirkan kepada organ organ tubuh yang membutuhkannya.

Nah itulah beberapa alasan mengapa minuman susu sangat baik untuk dikonsumsi. Mulailah dari sekarang untuk mengkonsumsi susu secara rutin agar dimasa tua nanti kesehatan tubuh tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *