Ini Makanan yang Harus Dihindari Pasien Covid-19 Isoman

Ini Makanan yang Harus Dihindari Pasien Covid-19 Isoman

Ini Makanan yang Harus Dihindari Pasien Covid-19 Isoman, Pandemic di Indonesia belum juga berakhir. Masih banyak masyarakat yang terpapar virus corona, mulai dari yang menderita gejala ringan, sedang hingga gejala berat. Sebagai pasien yang mengalami gejala ringan atau tanpa gejala, sebaiknya melakukan isoman atau isolasi mandiri di rumah masing masing. Namun selama menjalankan isoman, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan, salah satunya adalah makanan makanan yang akan dikonsumsi.

World Health Organization (WHO) mengungkapkan bahwa ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari para penderita Covid-19. Sebab, makanan-makanan tersebut bisa membahayakan kesehatan pasien.

Jenis Jenis Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Pasien Covid 19

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari bagi para pasien penderita covid. Apa saja makanan makanan tersebut.? berikut beberapa diantaranya.

Makanan mengandung banyak gula

Untuk para pasien covid yang sedang menjalankan isoman, sebaiknya menghindari makanan makanan yang mengandung banyak gula, misalnya seperti soda, jus kemasan, teh, atau kopi. Untuk pengganti pemanis, sebaiknya perbanyak konsumsi buah buahan saja.

Makanan terlalu banyak garam

Selain kadar gula, para pasien covid yang sedang isoman juga dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak garam. WHO merekomendasikan mengkonsumsi garam sebaiknya kurang dari lima gram per hari. Selain dari itu, WHO juga menganjurkan untuk selalu membilas sayur sayuran atau kacang kacangan. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan natrium berlebih di dalam makanan.

Makanan terlalu banyak lemak dan minyak

Makanan dengan kadar lemak dan minyak yang tinggi sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Memang makanan makanan dengan kadar lemak dan minyak yang tinggi ini sangat menggiurkan, namun ingatlah kesehatan adalah hal yang paling penting.

Untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang berkadar lemak dan minyak yang tinggi, sebagai penggantinya pasien yang sedang soman bisa memanfaatkan zaitun, minyak kedelai, minyak bunga matahari, dan minyak jagung saat memasak.

Makanan Makanan yang Dianjurkan Untuk Pasien Isoman

Menurut beberapa ahli kesehatan mengungkapkan bahwa ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, demi menjaga kesehatan tubuh.

  1. Jeruk

Jika sahabat memiliki kebiasaan ngemil atau makan snack di sela sela waktu santai, maka cobalah untuk beralih dengan mengkonsumsi buah jeruk. Seperti yang diketahui, bahwa buah jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C. kandungan yang terdapat pada buah jeruk dapat bertindak sebagai antioksidan dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

  1. Brokoli

Dalam kelompok sayuran, ada sayur brokoli yang dapat menjadi bagian dari menu makanan sehari hari. Brokoli adalah tipe sayuran yang mengandung cukup banyak vitamin yang salah satunya seperti vitamin A, C, serta E. dalam brokoli juga mengandung fitokimia yang baik untuk menjaga sistem imun. 

Selain kaya vitamin, brokoli juga merupakan sayuran sebagai lutein, sulforaphane, dan antioksidan tinggi. Agar kandungan yang terdapat di dalam brokoli tetap terjaga, sebaiknya perhatikan cara memasak sayur brokoli. Beberapa ahli kesehatan mengungkapkan bahwa memasak brokoli setengah matang adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kandungan di dalamnya agar tidak hilang.

  1. Jangan lupa konsumsi serat yang cukup

Serat berkontribusi pada sistem pencernaan yang sehat dan mencegah makan yang berlebihan. Untuk memperoleh serat yang cukup, sahabat bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti buah, kacang-kacangan, sayuran, gandum, nasi coklat, nasi merah, dan yang lainnya.

  1. Hindari konsumsi kopi dan teh dalam jumlah besar

Untuk yang memiliki kebiasan ngopi atau ngeteh sbaiknya dikurangi, sebab minuman minuman yang mengandung kafein dapat memngganggui pola tidur yang pastinya snagat tidak baik bagi kesesahatan sahabat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *