Jenis Sayur dan Buah yang Perlu Dikonsumsi Pasien Covid-19

Jenis Sayur dan Buah yang Perlu Dikonsumsi Pasien Covid-19

Jenis Sayur dan Buah yang Perlu Dikonsumsi Pasien Covid-19, Meski saat ini sudah ada vaksin covid 19, namun kita tetap harus menjalankan protocol kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah infeksi dari virus corona. Mengkonsumsi sayur dan buah dengan kaya nutrisi bisa menjadi salah satu cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh. 

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh secara sederhana dapat dipahami oleh tubuh sebagai sistem kerja dalam melawan berbagai macam jenis penyakit dan termasuk covid 19.  Sistem imunitas atau daya tahan tubuh secara sederhana bisa dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit. Sistem membantu melindungi tubuh dari serangan kuman atau virus penyebab penyakit.

Maka dari itu, untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai jenis bakteri dan virus, sistem imun atau daya tahan tubuh harus terus dijaga dan ditingkatkan. Terlebih lagi belakangan ini, buruknya system buruknya imunitas dikaitkan erat dengan risiko terinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

Adapun beberapa jenis makanan dan minuman yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam memerangi virus covid 19.

  1. Paprika merah

Pada buah buahan, jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C, namun pada kelompok sayuran, paprika adalah sayur yang mengandung banyak vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Dikutip dari Health Line, jika dibandingkan dengan berat bahan yang sama, paprika merah memiliki 3 kali lebih banyak vitamin C dari jeruk jeruk florida. Dalam ukuran satu ons paprika merah mengandung 127 mg vitamin C. Selain kaya akan vitamin C, paprika merah juga termasuk ke dalam sumber senyawa beta karoten yang baik. Di dalam tubuh beta karoten dari paprika nantinya akan diubah menjadi vitamin A sehingga akan bermanfaat bagi kesehatan mata.

  1. Brokoli

Selain paprika, brokoli juga merupakan salah satu sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Dalam brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral, yang beberapa diantaranya seperti Vitamin A Vitamin C Vitamin E. Brokoli juga mengandung serat dan banyak zat antioksidan lainnya sehingga sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan atau sistem kekebalan tubuh. 

Perlu diingat,  agar kandungan di dalam brokoli tidak hilang saat dimasak sebaiknya gunakan cara pengolahan yang benar dan salah satunya seperti dikukus.

  1. Bawang putih 

Selanjutnya sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah bawang putih. Bawang putih adalah bahan makanan yang hampir hadir dalam menu menu makanan di dunia. Selain dapat meningkatkan cita rasa pada makanan, bawang putih juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Orang orang terdahulu mempercayai bahwa bawang putih dapat memerangi infeksi. Bawang putih juga mampu memperlambat pengerasan pada pembuluh darah dan beberapa penelitian membuktikan bahwa bawang juga membantu menurunkan tekanan darah. 

  1. Cabai 

Meskipun cabai memberikan rasa pedas di mulut, namun mengkonsumsi cabai dapat meningkatkan daya tahan terhadap tubuh. Khasiat dari cabai sendiri hampir sama dengan paprika yang kaya akan vitamin C.

Vitamin C yang terkandung di dalam cabai mampu meningkatkan daya tahan serta kekebalan pada tubuh dengan cara mendorong proses produksi sel darah putih di dalam tubuh. Dalam satu buah cabai terkandung 109 mg vitamin C. 

Selain kaya akan vitamin C, sayuran cabai juga kaya akan capsaicin, senyawa yang bertanggung jawab atas rasanya yang panas. Capsaicin tersebut mampu mengurangi rasa sakit dan peradangan. 

Nah itulah beberapa jenis sayuran yang perlu dikonsumsi dalam meningkatkan daya tahan tubuh demi memerangi virus covid 19. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *