Tips agar kebutuhan gizi anak terpenuhi

Tips agar kebutuhan gizi anak terpenuhi

Tips agar kebutuhan gizi anak terpenuhi

Agar proses tumbuh kembang anak dapat menjadi optimal, anak anak harus memperoleh asupan gizi yang cukup. Kebutuhan gizi anak di usia kembangnya berbeda beda. Anak pada usia 0-6 asupan gizi dapat mereka peroleh melalui ASI yang dimana komposisi gizi yang terdapat pada ASI sudah mampu mencukupi kebutuhan anak pada usia tersebut, namun berbeda halnya jika mereka telah memasuki usia 7-11 bulan yang dimana mereka akan membutuhkan asupan gizi tambahan yang dapat diberikan melalui makanan pendamping karena asupan gizi yang diberikan oleh ASI tidak akan memenuhi kebutuhan gizi dari anak di usia tersebut.

Seiring dengan bertambahnya usia anak, kebutuhan asupan gizi yang mereka peroleh terus berubah dan terutama saat mereka menginjak usia 2 tahun yang dimana mereka sudah berhenti diberikan ASI sehingga makanan  yang mereka konsumsi harus memenuhi kebutuhan gizi mereka.

Agar anda bisa menyiapkan menu yang dapat mendukung pertumbuhan anak sekaligus membantu membentuk pola makan yang baik, beberapa tips ini akan membantu anda.

  • Makanan Pokok

Di usia tumbuh kembang anak, mereka akan membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi untuk beraktivitas. Karbohidrat akan membantu tubuh si kecil dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Karbohidrat dapat diperoleh dari gula, serat dan pati, namun akan lebih baik jika anak banyak mengkonsumsi serat dan pati. Menurut gerakan Isi Piringku yang diluncurkan Kemenkes RI tahun 2017, makanan pokok seperti beras, roti, gandum, pasta, ubi, bihun dan sebagainya perlu diberikan pada Si Kecil sekitar 35% dari Isi Piringku.

  • Lauk hewani dan nabati

Asupan protein dalam usia tumbuh kembang anak merupakan hal yang juga harus dipenuhi untuk mendukung pertumbuhan anak yang lebih optimal. Protein berfungsi sebagai pembangun sel tubuh, memecah makanan menjadi energi, memerangi infeksi dan membawa oksigen. Protein dapat diperoleh dengan mengonsumsi daging sapi, ikan, ayam, telur dan kombinasikan pula dengan lauk nabati seperti tahu atau tempe.

  • Sayur dan buah

Sayur dan buah adalah sumber vitamin yang sangat dibutuhkan oleh anak dalam pertumbuhan dan perkembangan anak berjalan optimal, ia membutuhkan ketiga asupan ini dalam jumlah yang cukup. Penuhi kebutuhan ini dengan memberikan Si Kecil sekitar sayuran dan buah-buahan 30% dari isi piringnya seperti yang dianjurkan oleh gerakan Isi Piringku.

  • Susu

Susu adalah sumber kalsium yang akan dibutuhkan oleh anak dalam perkembangan dan kesehatan tulang dan gigi. Jadikan susu sebagai makanan pendamping dari makanan pokok sehari hari anak agar asupan gizi yang mereka dapatkan lebih optimal.

  • Camilan

Cemilan tidak hanya sekedar menjanggal perut, anda bisa memberikan cemilan kepada anak anak sebagai penambah atau pelengkap dari asupan gizi yang mereka peroleh sehari hari. Berikanlah anak anak anda cemilan yang bergizi seperti potongan buah, biskuit gandum, puding susu, dan lain sebagainya. Sehingga apa yang belum terpenuhi dalam menu makan pokok anak bisa dapatkan dari cemilannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *