Manfaat Susu untuk Anak-anak Hingga Orang Dewasa

Manfaat Susu untuk Anak-anak Hingga Orang Dewasa

Manfaat Susu untuk Anak-anak Hingga Orang Dewasa, Susu adalah salah satu minuman yang kaya nutrisi. Dalam kandungan susu terdapat berbagai macam serat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjalankan fungsinya masing masing.

Di usia kembang seorang anak dianjurkan untuk mengkonsumsi susu sebagai serat pendamping untuk memperoleh asupan gizi yang seimbang. Mengkonsumsi susu di usia tumbuh kembang dapat berdampak terhadap tulang, yang dimana susu akan membantu penguatan dan pertumbuhan tulang secara optimal.

Selain dari itu, ada berbagai jenis manfaat yang dapat dirasakan jika mengkonsumsi susu secara rutin, dan berikut beberapa manfaat dari susu mulai dari anak anak hingga orang dewasa dengan berbagai kondisi seperti

  1. Ibu hamil

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bahwa ibu yang sedang berada di dalam kondisi hamil, apabila mengkonsumsi susu mereka cenderung melahirkan bayi dengan panjang yang lebih banyak.

Selain dari itu, jika ibu hamil mengkonsumsi susu maka dapat menurunkan resiko BBLR lebih rendah dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi susu sebagai serat tambahan.

  1. Anak-anak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa anak anak dalam usia tumbuh kembang, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu sebab hal tersebut akan mempengaruhi pertumbuhan tulang lebih optimal. Tinggi badan anak dipengaruhi faktor genetik dari orangtuanya, sekitar 10-20%.

“Faktor makanan dan lingkungan lebih dominan menentukan tinggi badan anak dalam jangka, bahkan mempengaruhi faktor genetik. Contohnya, tinggi badan rata-rata orang Jepang waktu menjajah Indonesia hanya sekitar 158 cm. Saat ini tinggi badan anak muda pria di Jepang adalah 172 cm,”. Penelitian juga menunjukkan minum susu pada anak sekolah usia 7-8 tahun sebanyak 2 gelas per hari selama 6 bulan menurunkan risiko underweight. Anak 1-12 tahun yang biasa minum susu, memiliki status pertumbuhan, vitamin A dan D yang lebih baik.

  1. Remaja dan Orang dewasa

Susu sering dimitoskan sebagai minuman yang menyebabkan gemuk. Padahal hasil analisis beberapa studi menunjukkan, konsumsi susu (baik full fat atau low fat) tidak berhubungan dengan penyakit jantung koroner

Konsumsi total susu dan susu rendah (200 gram/hari) juga terbukti menurunkan 4% risiko diabetes tipe 2 dan 8% stroke.

Manfaat susu untuk orang dewasa yang mungkin paling dikenal adalah mencegah osteopenia dan osteoporosis.

  1. Atlet

Bagi seorang atlet, mengkonsumsi susu secara rutin memiliki manfaat yang cukup baik untuk profesi atlet, sebab mengkonsumsi susu secara rutin dapat menjadi sumber energy dan kebugaran tubuh sehingga susu dapat membuat badan terasa lebih fit saat berolahraga.

Nah itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi susu secara rutin bagi usia dan profesi yang berbeda beda. Selain beberapa manfaat yang telah dijelaskan diatas tentu ada banyak manfaat lain yang akan dirasakan jika mengkonsumsi susu secara rutin. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *