Pentingnya Gizi Seimbang untuk Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya Gizi Seimbang untuk Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya Gizi Seimbang untuk Tumbuh Kembang Anak, Sebagai orang tua pastinya kita ingin jika anak tumbuh sehat dengan berat badan serta tumbuh tinggi. Oleh sebab itu sebagai orang tua penting halnya untuk kita selalu memantau perkembangan dan pertumbuhan anak. Perkembangan dan pertumbuhan anak merupakan fase dimana anak mengalami perubahan bentuk fisik dan ukuran tubuh yang dapat dinilai dengan menghitung tinggi dan lingkaran pada kepala.

Lantas bagaimana sih caranya agar pertumbuhan anak lebih optimal.? Memenuhi asupan gizi merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan untuk mendukung pertumbuhan anak agar lebih optimal.

Dalam tahap pertumbuhan dan kembang anak membutuhkan asupan gizi yang cukup, yang dapat dipenuhi dengan memberikan makanan makanan yang bergizi seperti sayur, buah, ikan dan lain sebagainya. Jika asupan gizi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan anak tentu pertumbuhan anak akan menjadi lebih optimal, sementara jika pertumbuhan anak tidak disertai gizi yang cukup maka akan mempengaruhi sistem pertumbuhan anak. Adapun beberapa ciri ciri anak yang tidak terpenuhi asupan gizinya seperti 

Berikut ini adalah masalah gizi pada anak ditandai dengan:

  1. Penurunan berat badan
  2. Berat badan di bawah rata-rata usianya
  3. Tinggi badan di bawah rata-rata usianya
  4. Gagal tumbuh paling sering terjadi pada 2 tahun pertama kehidupan

 Dampak kurang nutrisi pada anak diantaranya dapat mengganggu respons kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi dan defisit pertumbuhan menyebabkan keterlambatan kognitif dan psikomotor sehingga anak dapat mengalami masalah perilaku atau gangguan belajar. 

Manfaat Gizi Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Berikut ada beberapa manfaat nutrisi bagi tahap tumbuh dan kembang anak

  1. Keistimewaan Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan anak yang memiliki peran yang sangat penting. Agar pertumbuhan tinggi anak lebih optimal, anda sebagai orang tua wajib untuk memberikan asupan kalsium yang cukup. Kalsium sendiri sangat berperan penting terhadap pertumbuhan tulang dan gigi serta dapat memperkuat otot dan tulang pada anak

  1. Berbagai Macam Vitamin

Asurapn vitamin untuk mendukung tumbuh dan kembang anak juga tidak kalah penting untuk dipenuhi. Vitamin A, B, C, D, dan E sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang anak. Jika anda ingin pertumbuhan anak menjadi lebih tinggi, pastikan bahwa anda memenuhi kebutuhan vitamin D yang cukup. Pasalnya vitamin D mampu menyerap kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pertumbuhan tulang anak. Adapun jenis jenis makanan yang dapat dikonsumsi anak untuk mendukung asupan vitamin D ke dalam tubuh yaitu susu, ikan, kacang kedelai dan juga telur.

  1. Zat Besi

Zat Besi dalam perkembangan tumbuh anak juga tidak kalah pentingnya. Zat besi dibutuhkan oleh perkembangan sel darah merah yang mengangkut oksigen ke organ organ penting dalam tubuh anak dan termasuk dengan pertumbuhan otak.

  1. Manfaat Protein

Mengkonsumsi telur, daging sapi, ikan dan berbagai macam makanan laut dan biji bijian dapat membantu pembentukan sel dan jaringan tubuh serta menghasilkan hormon yang juga memperkuat tulang dan otot dalam membantu memecah makanan menjadi sebuah energy.

  1. Sempurnakan dengan Susu

Untuk menyempurnakan nutrisi harian anak anda bisa mendukungnya dengan susu setiap harinya. Berikanlah susu kepada anak setiap harinya agar pertumbuhan anak dapat menjadi lebih optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *