Asupan Gizi yang baik untuk anak usia dini

Asupan Gizi yang baik untuk anak usia dini

Asupan Gizi yang baik untuk anak usia dini

Kesehatan adalah suatu hal yang penting dan sangat berharga bagi masyarakat, untuk mewujudkan hal ini dibutuhkan asupan gizi yang cukup. Gizi adalah zat yang jika dikonsumsi oleh manusia akan mendapatkan kesehatan.

Antara kesehatan dan gizi memang sudah saling mengikat antara satu sama lain, tubuh tubuh yang memperoleh asupan gizi yang cukup tentu akan menjadi sehat, dan begitu pula sebaliknya apabila tubuh kekurangan gizi akan menjadi lemah dan menurunkan tingkat kekebalan tubuh sehingga akan sangat gampang jatuh sakit.

Sebagai orang tua, penting halnya untuk kita memenuhi asupan gizi pada anak kita untuk mengoptimalkan pertumbuhan mereka. Di masa tumbuh dan kembang anak, asupan gizi sangatlah penting dan hal tersebut akan mempengaruhi mereka di usia dewasa nanti.

 Menurut seorang dokter ahli gizi mengungkapkan bahwa memenuhi asupan gizi pada seorang anak tidak hanya semenjak mereka lahir saja melainkan dapat dimulai sejak mereka berada di dalam kandungan.

Berikut ada beberapa manfaat dari asupan gizi di dalam tumbuh kembang anak

Menjaga dan Memelihara Kesehatan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa antara gizi dan kesehatan memiliki suatu hubungan yang sangat erat. Tubuh yang sehat dapat terbentuk jika asupan gizinya terpenuhi. Peran gizi di dalam tubuh cukuplah beragam mulai dari mengoptimalkan fungsi tubuh, mencegah serta membantu penanganan penyakit, memaksimalkan fungsi dari beberapa organ tubuh, mengoptimalkan perkembangan dan masih ada banyak lagi manfaat dan fungsi lain dari gizi terhadap tubuh.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh pada anak dapat terbentuk dari asupan gizi yang diberikan sejak dini. Asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh dapat sel-sel kekebalan tubuh dalam melawan berbagai macam virus yang dapat masuk ke dalam tubuh kapan saja. Dengan demikian, anak anak yang memperoleh asupan gizi yang seimbang tidak akan mudah jatuh sakit.

Sumber Energi

Untuk beraktivitas, bergerak, dan berpikir, tubuh membutuhkan energi yang mencukupi. Energy tersebut dapat diperoleh dari asupan gizi yang didapatkan di dalam berbagai macam jenis makanan sehat yang dikonsumsi di tiap harinya. 

Anak anak yang kekurangan gizi dan akan sangat mudah jatuh sakit karena memiliki sistem kekebalan yang tipis yang juga akan sangat mudah merasakan lelah yang disebabkan oleh energi yang tersedia di dalam tubuh sangatlah sedikit. Dalam proses tumbuh kembang anak, anak akan mendapatkan banyak masalah seiring dengan pertumbuhan fisik hingga perilaku anak di masa dewasa.

Gizi Tepat untuk Anak Usia Dini

Pemberian gizi yang sehat sebaiknya dimulai sejak dini yaitu sejak anak sedang berada di dalam kandungan hingga berusia tiga tahun. Hal ini untuk membantu mengembangkan pertumbuhan sel-sel otak pada anak sejak mereka bayi.

Di usia kandungan 6 bulan hingga 2 tahun seorang anak akan akan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat yang disebabkan oleh terpenuhinya asupan gizi yang mereka peroleh. Pada masa pertumbuhan tersebut seorang anak anak membutuhkan gizi berupa protein, karbohidrat, Vitamin B1, B6, asam folat, yodium, zat besi, seng, AA, DHA, sphyngomyelin, sialic acid, dan asam-asam amino seperti tyrosine dan tryptophan.

Semua asupan tersebut diperoleh anak melalui air ASI atau Air Susu Ibu, dan itulah yang menjadi alasan mengapa seorang ibu dianjurkan untuk menyusui anak mereka sejak dini hingga 2 berusia dua tahun. Untuk memantau pertumbuhan anak dapat dilakukan dengan cara menimbang anak secara rutin di tiap bulannya. Ana anak yang sehat dan mendapatkan asupan gizi biasanya akan mengalami perubahan berat badan yang terus bertambah seiring dengan bertambahnya usia mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *