Masalah Gizi Pada Anak Sekolah

Masalah Gizi Pada Anak Sekolah

Masalah Gizi Pada Anak Sekolah, Gizi adalah asupan yang sangat dibutuhkan oleh anak untuk mengoptimalkan proses pertumbuhan anak, maka dari itu penting halnya untuk memenuhi kebutuhan anak akan serat gizi agar di masa dewasa nanti anak bisa menjadi orang yang sehat secara fisik. Ada berbagai kandungan dalam gizi yang sangat dibutuhkan oleh anak dalam proses pertumbuhan mereka seperti memperkuat tulang, mengoptimalkan perkembangan otak, dan lain sebagainya.

Namun sayangnya asupan gizi pada anak kadang tidak dapat terpenuhi dan terutama pada anak anak di usia sekolah. Anak anak pada usia sekolah sudah mengerti bagaimana cara jajan di luar, yang dimana dari segi gizi jajanan di luar tidak terjamin sehingga anak anak yang sudah jajan di luar terkadang enggan mau makan makanan yang bergizi di rumah sehingga asupan gizi yang mereka peroleh menjadi tidak terpenuhi.

Ada beberapa dampak yang dapat terjadi pada anak jika tidak memperoleh asupan gizi yang cukup, antara lainnya seperti

  • Anak yang kurus

Anak anak yang kekurangan gizi mudah dilihat dari ukuran dan berat tubuh mereka. Di Indonesia sendiri banyak anak anak yang memiliki tubuh yang kurus yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dan banyak terjadi pada anak anak yang hidup dilingkungan keluarga yang berpenghasilan kecil atau sedikit.

Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan resiko anak terdampak berbagai macam jenis gangguan kesehatan seperti penyakit infeksi atau gangguan hormonal yang sangat berpengaruh buruk terhadap kesehatan mereka. Solusi untuk mengatasi hal tersebut tentu dengan memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang.

  • Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan bukan berarti sehat yang justru bisa disebabkan oleh asupan gizi yang bermasalah. Terjadinya berat badan yang berlebihan pada anak biasanya disebabkan oleh sering mengonsumsi makanan berpenyedap, dan kurang melakukan aktivitas fisik, yang dimana hal tersebut dapat menyebabkan pola makan yang tidak sesuai dan asupan gizi yang tidak seimbang sehingga menyebabkan obesitas.

Obesitas yang terjadi pada anak dapat meningkatkan resiko terpapar berbagai macam jenis penyakit, mulai dari hipertensi, diabetes melitus, kanker, osteoporosis, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut tentu saja dengan cara mengatur pola makan dan mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur yang disertai dengan aktivitas fisik dan pola tidur yang cukup.

  • Bertubuh pendek

tidak jarang ada banyak anak anak yang memiliki tubuh yang pendek yang diakibatkan oleh kekurangan gizi kronis atau kegagalan di masa pertumbuhannya. Anak anak yang terdampak dari kekurangan gizi dan memiliki tubuh yang pendek dapat menimbulkan berbagai macam dampak salah satunya seperti gangguan system metabolism, fungsi kognitif sehingga dapat menyebabkan resiko hipertensi.

  • Anemia

Sebagian besar dampaknya anemia pada anak anak disebabkan oleh kekurangan asupan gizi. Di Indonesia sendiri, ada cukup banyak anak yang mengalami anemia atau kekurangan darah yang dapat menimbulkan resiko penurunan imunitas, konsentrasi, prestasi belajar, dan produktivitas.

Untuk mencegah terjadinya dampak tersebut anak anak dapat diberikan makanan tinggi zat besi, asam folat, vitamin A, vitamin C, dan zinc.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *