Kebutuhan Gizi Anak Usia Sekolah

Kebutuhan Gizi Anak Usia Sekolah

Kebutuhan Gizi Anak Usia Sekolah

Memiliki anak yang sehat merupakan harapan bagi semua orang tua. Anak anak yang sehat akan lebih mudah berkonsentrasi dan menyerap apa yang diajarkan saat sekolah, sehingga tidak heran jika anak anak yang terpenuhinya asupan gizi cenderung lebih cerdas dibandingkan dengan anak anak yang kekurangan gizi. Oleh karena itu penting sekali bagi para orang tua untuk memperhatikan asupan gizi yang diperoleh anak anak melalui makanan makanan yang mereka konsumsi di tiap harinya.

Anak anak yang telah memperoleh asupan gizi yang cukup kelak mereka akan tumbuh dewasa menjadi orang orang yang pintar dan cerdas, maka dari itu mulailah dari sekarang untuk memenuhi asupan gizi dari anak anak anda dengan membiasakan mereka mengkonsumsi makanan makanan yang bergizi dan sehat.

Apa saja kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh anak anak pada usia sekolah.? Asupan gizi terdiri dari 6 jenis zat gizi yang meliputi karbohidrat, lemak. protein, vitamin, mineral dan air. Setia asupan gizi tersebut memiliki manfaat dan fungsi yang beragam seperti

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi (4 kkal/gram kh), protein – sparer, regulasi metabolisme lemak, membantu pengeluaran feses dengan cara mengatur peristaltik usus dan memberi bentuk pada feses , melancarkan ekskresi sisa makanan dan komponen penyusun tubuh.

Lemak berfungsi sebagai sumber energi (9 kkal/ gram lemak), penghasil asam lemak esensial, pembangun/pembentuk struktur tubuh, sebagai insulator & pelindung bagian tubuh yang penting, carrier (pembawa) vitamin larut dalam lemak, fungsi lemak yang lain (sebagai pelumas di antara persendian memberi cita rasa pada makanan).

Protein berfungsi sebagai sumber energi (4 kkal/ gram protein), memperbaiki jaringan tubuh yang aus terpakai (katabolisme), membangun jaringan baru (anabolisme) membantu pembentukan antibodi, mengurangi resiko terkena penyakit, berperan dalam transpor zat gizi, berperan dalam berbagai sekresi tubuh (enzim dan hormon), mengatur proses osmotik antar/dari berbagai cairan tubuh, mengatur keseimbangan asam basa dalam darah dan jaringan-jaringan (sifat amfoter protein, sebagai “buffer”).

Vitamin berfungsi sebagai sebagai bagian dari enzim atau coenzim untuk mengatur berbagai proses metabolisme dalam tubuh, mempertahankan fungsi berbagai jaringan tubuh, mempengaruhi pertumbuhan & pembentukan sel-sel baru, membantu pembuatan senyawa kimia tertentu dalam tubuh.

Mineral berfungsi sebagai menjaga keseimbangan asam basa tubuh, katalis reaksi-reaksi biologis, komponen dari bagian-bagian tubuh yang penting, menjaga keseimbangan air dan transmisi impuls saraf, mengatur kontraksi otot dan membantu pertumbuhan jaringan tubuh.

Air berfungsi sebagai sebagai pelarut mineral, vitamin, asam amino, glukosa, dan zat gizi lainnya, pembentuk komponen tubuh yang berupa cairan seperti darah, hormon dan enzim, melakukan reaksi kimia seperti dalam proses pencernaan dan metabolism, sebagai pelumas sendi2 tubuh, peredam benturan pada organ2 tubuh, sebagai pelarut dan pengangkut sisa-sisa metabolisme (urin dan keringat), membantu fungsi kerja ginjal dan pengatur suhu tubuh.

Itulah beberapa jenis serat gizi yang harus terpenuhi pada anak anak di usia sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *