Gizi Seimbang Untuk Bayi dan Balita

Gizi Seimbang Untuk Bayi dan Balita

Gizi Seimbang Untuk Bayi dan Balita, Asupan gizi kepada bayi atau balita merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, pasalnya di usia bayi atau balita, anak anak membutuhkan asupan gizi yang cukup dan terpenuhi. Kebutuhan gizi pada bayi akan berubah seiring dengan bertambahnya usia mereka, maka dari itu makanan juga harus disesuaikan berdasarkan usia dan kebutuhan mereka.

Di usia perkembangan anak akan mengalami perubahan fisik dan termasuk dengan ukuran perut mereka masing masing sehingga porsi makan pada anak juga akan berubah mengikuti perkembangan dan pertumbuhan mereka.

Meskipun serat gizi baik untuk pertumbuhan dan dapat membuat perut menjadi kenyang, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, hal tersebut akan menimbulkan gejala gejala tidak baik seperti sakit perut, mual dan lain sebagainya.

Pentingnya Variasi Makanan

Bagi seorang bayi maupun dewasa, variasi makanan merupakan suatu hal yang akan mempengaruhi nafsu makan. Dalam berbagai macam jenis makanan memiliki asupan nutrisi yang berbeda beda seperti susu dnegan kalsiumnya, buah dan sayur dengan vitamin dan lain sebagainya, maka dari itu menambah berbagai macam variasi makanan yang dikonsumsi penting halnya untuk melengkapi kebutuhan gizi yang seimbang.

Apabila anak anak yang dalam masa pertumbuhannya memperoleh asupan gizi yang seimbang maka proses pertumbuhan akan menjadi optimal. Anak anak yang tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup, biasanya mereka akan mengalami masalah pada pertumbuhan mereka seperti tubuh kurus, pendek, dan lain sebagainya. Anak anak yang tidak terpenuhinya asupan gizi yang cukup juga akan sangat rentan sakit, hal tersebut disebabkan karena sistem kekebalan tubuh anak berkurang.

Kelompok Makanan dan Manfaatnya

Apa saja asupan gizi yang dibutuhkan oleh seorang bayi atau balita.? Mungkin beberapa penjelasan berikut ini dapat membantu anda.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan asupan gizi yang dibutuhkan anak dimasa kembangnya, karbohidrat dapat diperoleh dari berbagai macam jenis makanan seperti roti, sereal, kentang dan lain sebagainya.

Buah-buahan dan sayuran

Buah dan sayuran adalah sumber dari berbagai macam jenis vitamin. Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada anak melalui buah dan sayur. Anda bisa memberikan minimal lima porsi sayur dan buah dengan warna yang berbeda beda. Buah dan sayuran dengan warna berbeda mengandung semua ragam vitamin dan mineral yang penting.

Susu dan produk olahan susu 

Untuk memenuhi asupan gizi pada anak seperti protein, kalsium, vitamin dan mineral, anda bisa menambahkan susu sebagai makanan pelengkap untuk anak anak anda.

Protein

Makanan yang termasuk ke dalam kategori ini adalah makanan makanan seperti daging, ikan, telur, kacang-dan lainnya. Dalam makanan makanan tersebut kaya akan  protein, zat besi dan omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan bayi.

Lemak dan Minyak

Kelompok makanan ini sebaiknya diberikan sebagai pelengkap dari makanan makanan lain dan bukan sebagai pengganti. Yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah sumber lemak yang berupa minyak seperti minyak zaitun, minyak sayur, minyak kedelai, mentega. Lemak dan minyak dapat memberikan energi, asam lemak omega 3 dan 6, dan vitamin A, E dan D. 

Agar makanan makanan bergizi tersebut dapat dikonsumsi dan dicerna dengan baik oleh bayi atau balita pastikan bahwa anda sudah mengolahnya dengan baik berdasarkan kemampuan balita masing masing. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *