Manfaat Gizi Bagi Anak Yang Sangat Penting

Manfaat Gizi Bagi Anak Yang Sangat Penting

manfaat gizi bagi anak, Untuk keberlangsungan hidup, manusia membutuhkan asupan makanan. Makanan merupakan salah satu sumber energy dalam melakukan aktivitas sehari hari. Dalam makanan yang dikonsumsi mengandung beberapa unsur zat gizi yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air.

Adapun berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari asupan gizi yang terpenuhi yaitu mengatur metabolisme tubuh, memelihara dan mengganti jaringan tubuh, mendukung pertumbuhan, serta berperan dalam mekanisme pertahanan tubuh dan lain lain.

Dalam usia pertumbuhan anak membutuhkan gizi untuk mendukung tumbuh kembang agar menjadi optimal. Gizi yang terpenuhi juga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak sehingga anak anak dengan asupan gizi cukup tidak akan mudah sakit.

Zat gizi sendiri terbagi menjadi beberapa kelompok yaitu berdasarkan fungsi, jumlah yang dibutuhkan tubuh serta berdasarkan sumber.

Berdasarkan Fungsinya 

Karbohidrat – Membantu pengeluaran feses dengan cara mengatur peristaltik usus dan memberi bentuk pada feses, Melancarkan ekskresi sisa makanan dan juga sebagai Komponen penyusun tubuh

Lemak – Pembangun/pembentuk struktur tubuh, sebagai insulator dan pelindung bagian tubuh yang penting, Carrier (pembawa) vitamin larut dalam lemak, Fungsi lemak yang lain (sebagai pelumas di antara persendian, memberi cita rasa pada makanan).

Protein – Memperbaiki jaringan tubuh yang aus terpakai (Katabolisme), Membangun jaringan baru (anabolisme), Membantu pembentukan antibodi, Mengurangi resiko terkena penyakit dan Mengatur proses osmotik antar/dari berbagai cairan tubuh.

Vitamin – Sebagai bagian dari enzim atau koenzim untuk mengatur berbagai proses metabolisme dalam tubuh, Mempertahankan fungsi berbagai jaringan tubuh Mempengaruhi pertumbuhan dan pembentukan sel-sel baru.

Mineral – Mengatur kontraksi otot dan Membantu pertumbuhan  jaringan tubuh, Menjaga keseimbangan asam basa tubuh, Komponen dari bagian-bagian tubuh yang penting.

Air – Pembentuk komponen tubuh yang berupa cairan seperti darah, hormon dan enzim, Sebagai pelarut mineral, vitamin, asam amino, glukosa, dan zat gizi lainnya, Sebagai pelarut dan pengangkut sisa-sisa metabolisme (urin dan keringat).

Berdasarkan Jumlah

Berdasarkan jumlah dari zat gizi dibagi menjadi dua jenis yaitu makro dan mikro.

Zat gizi makro adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah yang besar. Zat gizi yang termasuk dalam kelompok zat gizi makro yaitu karbohidrat, protein dan lemak. Zat gizi makro ini biasanya menggunakan satuan gram. 

Zat gizi mikro adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah yang kecil. Zat gizi yang termasuk ke dalam jenis zat gizi mikro adalah mineral dan vitamin. Zat gizi mikro menggunakan satuan mg.

Berdasarkan Sumber

Untuk sumber sendiri, zat gizi dibagi menjadi dua kelompok yaitu nabati dan hewani. 

Nabati – Nabati sendiri berasal dari berbagai macam jenis tumbuhan yang dikonsumsi seperti buah, sayur, dan kacang.

Hewani – Semenmtara utnuk nabati yaitu berasal dari hewani seperti daging, ikan, produk  susu dan telur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *