Ketahui Manfaat Susu Soya untuk Anak

Ketahui Manfaat Susu Soya untuk Anak

Ketahui Manfaat Susu Soya untuk Anak, Selain memiliki rasa yang nikmat dan tidak kalah dari susu sapi, susu soya memiliki beragam manfaat bagi anak anak di usia tumbuh kembang mereka.

Sesuai dengan namanya, susu soya terbuat dari bahan kacang kedelai yang melalui proses penggilingan dan rebusan. Dalam susu soya terkandung beberapa nutrisi yang akan sangat bermanfaat bagi tubuh seperti asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, vitamin dan juga mineral.

Pada umumnya, susu soya dapat dikonsumsi oleh anak yang berusia 1 tahun ke atas dan dengan kondisi intoleransi laktosa, alergi terhadap protein susu sapi, dan anak vegetarian. Kendati demikian, susu formula soya juga baik untuk dikonsumsi oleh anak yang tidak memiliki alergi apa pun.

Lantas apa saja manfaat susu soya bagi anak anak yang mengkonsumsinya secara rutin.? Berikut ada beberapa manfaat jika mengkonsumsi susu soya untuk kesehatan tubuh antara lain seperti 

  1. Menjaga fungsi saluran pencernaan

Kandungan serat yang terdapat di dalam kandungan susu soya sangatlah baik untuk kesehatan yang salah satunya untuk system pencernaan anak. Serat yang terkandung di dalam susu soya bermanfaat untuk menjaga jumlah bakteri baik di dalam usus, menjaga kualitas tinja, dan juga mempermudah proses BAB. Meskipun demikian, tidak semua susu soya mengandung banyak serat di dalamnya, maka dari itu pastikan bahwa anda memilih susu soya dengan formula yang tinggi serat tinggi yang biasanya dicantumkan pada bagian kemasan susu.

  1. Mendukung perkembangan otak

Asam lemak omega 3 dan omega 6 yang terkandung di dalam susu soya dapat membantu system perkembangan otak anak. Kedua jenis asam lemak yang terdapat di dalam susu soya tersebut dipercaya mampu untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak misalnya dalam hal konsentrasi, mengingat dan menyerap apa yang telah mereka pelahari.

  1. Mendukung pertumbuhan tulang

Kandungan kalsium dan vitamin D yang terdapat di dalam susu soya sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang anak. Asupan kalsium yang diperoleh anak dalam usia tumbuh kembang merupakan pondasi utnuk tulang yang sehat dan kuat.

Anak anak yang memperoleh kalsium yang cukup umumnya akan memiliki tinggi tubuh yang lebih optimal dibandingkan dengan anak anak yang kekurangan asupan kalsium.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Di sisi lain, susu soya juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak sehingga anak anak yang mengkonsumsi susu soya tidak akan mudah terkena penyakit sebab sistem kekebalan tubuh yang tinggi yang akan menangkis berbagai macam bakteri dan virus penyebab penyakit.

Bakteri baik yang terdapat di dalam usus dapat memberikan dampak yang cukup besar terhadap kesehatan anak yang antara lainnya dapat menjaga keseimbangan sel sel imun serta dapat memproduksi asam lemak, asam amino dan vitamin yang semuanya dapat meningkatkan sistem imun pada anak.

Nah itulah beberapa manfaat jika mengkonsumsi susu soya, susu kedelai kaya manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *