Pentingnya Asupan Gizi dan Nutrisi untuk Tumbuh Kembang

Pentingnya Asupan Gizi dan Nutrisi untuk Tumbuh Kembang

Pentingnya Asupan Gizi dan Nutrisi untuk Tumbuh Kembang, Dalam tubuh dan kembang anak, gizi dan nutrisi memegang peran yang sangat penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan anak. Gizi dan nutrisi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam tumbuh dan kembang anak.

Anak anak yang memperoleh gizi dan nutrisi yang seimbang tentu akan memperoleh pertumbuhan yang lebih optimal. Perkembangan anak dapat dihitung dari tinggi dan lingkaran pada kepala anak. Anak anak yang sedang berada di masa pertumbuhan dan memperoleh asupan gizi dan nutrisi yang cukup lebih mudah dilihat dari berat badannya yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia mereka masing masing. 

 

Dalam usia tumbuh

kembang anak membutuhkan asupan gizi yang cukup yang dapat diperoleh dari berbagai macam jenis makanan yang dikonsumsi seperti sayur, buah, dan lain sebagainya. Maka dari itu sebagai orang tua penting halnya kita untuk memperhatikan makanan makanan yang dikonsumsi oleh anak.

Anak anak yang kekurangan asupan gizi biasanya akan ditandai dengan beberapa hal yaitu 

Penurunan berat badan

Berat badan di bawah rata-rata usianya

Tinggi badan di bawah rata-rata usianya

Gagal tumbuh paling sering terjadi pada 2 tahun pertama kehidupan 

Kekurangan gizi dan nutrisi pada anak dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh pada anak sehingga anak akan menjadi mudah sakit dan meningkatnya resiko infeksi dan defisit pertumbuhan yang dapat menyebabkan keterlambatan kognitif dan psikomotor sehingga anak mengalami gangguan perilaku yang juga dapat mengganggu tahap belajar anak.

Lantas apa saja manfaat gizi terhadap tumbuh dan kembang anak.? Berikut ini ada beberapa manfaat gizi terhadap tumbuh kembang anak.

  1. Keistimewaan Kalsium

Kalsium dalam pertumbuhan anak memiliki peran penting dalam pertumbuhan gigi dan tulang anak sehingga kalsium sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan anak maka dari itu sebagai orang tua sebaiknya anda memenuhi kebutuhan kalsium untuk anak anak anda.

  1. Berbagai Macam Vitamin

Dengan mengkonsumsi makanan makanan sumber vitamin seperti sayur, buah, susu, kedelai, telur dan lainnya dapat mendukung pertumbuhan lebih maksimal. Untuk mendukung penyerapan kalsium ke dalam tubuh anak anak membutuhkan vitamin D yang cukup. Ada beberapa makanan yang sebaiknya diberikan kepada anak untuk memenuhi vitamin D di dalam tubuh seperti susu, ikan, kacang kedelai dan juga telur.

  1. Zat Besi

Zat besi memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh, zat besi memiliki fungsi sebagai peningkat sel darah merah di dalam tubuh yang dimana sel darah merah akan mengangkut oksigen untuk masuk ke organ organ penting di dalam tubuh anak dan termasuk dengan pertumbuhan otak si kecil.

  1. Manfaat Protein

Meningkatkan protein di dalam tubuh juga sama halnya dengan serat lainnya, protein sendiri memiliki peran sebagai pembentukan sel dan jaringan tubuh yang disertai dengan menghasilkan hormone yang dapat memperkuat otot dan tulang yang juga dapat memperlancar produksi makanan menjadi energy. Untuk mendapatkan asupan protein, anda bisa memberikan makanan makanan kepada anak anda yang berupa telur, daging sapi, ikan dan berbagai macam makanan laut dan biji bijian. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *