Cara Mengatasi Masalah Gizi Pada Anak Sekolah

Cara Mengatasi Masalah Gizi Pada Anak Sekolah

Cara Mengatasi Masalah Gizi Pada Anak Sekolah

Gizi yang baik pada anak sekolah merupakan investasi bagi Negara. Seperti yang diketahui bahwa masa depan dari sebuah Negara terletak ditangan generasi muda sehingga sangat penting halnya untuk membekali generasi muda dengan pengetahuan yang terbaik.

Anak anak yang mendapatkan asupan gizi yang kurang tentu akan mengalami masalah kesehatan yang dimana anak anak yang kekurangan gizi akan rentan sakit sehingga mereka akan menjadi sulit dalam menuntut ilmu dengan baik.

Lantas bagaimana agar anak dapat belajar secara maksimal.? Ya tentu saja dengan memenuhi asupan gizi pada anak. Beberapa kandungan yang terdapat dalam gizi juga mempengaruhi sistem perkembangan otak anak sehingga mereka akan menjadi lebih mudah dalam menyerap apa yang diajarkan. Namun anak anak di usia pertumbuhan di ruang lingkup sekolah terkadang memiliki kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi jajanan saat jam sekolah. Anak anak biasanya cenderung menyukai makanan makanan yang memiliki penampilan yang unik dan menarik tanpa mempertimbangkan gizi yang terkandung di dalamnya, sehingga peran guru dalam mengajarkan anak anak terkait seputar gizi sangatlah dibutuhkan.

Selepas dari jam sekolah peran para orang tua juga harus diterapkan dalam mengatur makanan makanan apa saja yang dikonsumsi oleh anak anak, sebab kebiasaan mengkonsumsi makanan anak anak juga bergantung dari kebiasaan para orang tua mereka, maka dari itu anda selaku orang tua penting halnya untuk membiasakan diri mengkonsumsi makanan makanan yang bergizi agar kebiasaan tersebut dapat menular kepada anak anak anda.

Cara Mengajarkan Kebiasaan Makan Sehat Pada Anak

Jadikan Rutinitas

Pastikan makanan makanan yang sehat menjadi menu standar untuk keluarga. Usahakan agar semua orang terlibat dalam memilih makanan makanan yang sehat dan bergizi agar mereka yang tadinya tidak paham dengan makanan yang sehat dan bergizi menjadi mengerti dan mampu membedakan mana makanan yang baik untuk tubuh dan mana makanan yang tidak baik.

Menunjukan Cara Makan yang Benar

Mengajarkan kepada anak terkait cara makan yang sehat cukuplah penting untuk mendidik anak agar mampu mengerti terkait makanan makanan yang bergizi. Ajarkan kepada mereka terkait jumlah asupan gizi yang akan mereka dapatkan dari jenis makanan yang mereka konsumsi.  

Membicarakan Porsi Makan yang Tepat

Hal yang tidak kalah penting untuk diajarkan kepada anak anak yaitu terkait porsi makanan yang baik. Beberapa jenis makanan seperti garam, gula dan lain sebagainya dianjurkan untuk dikonsumsi dalam porsi yang tepat agar di masa dewasa anak nanti tidak mengalami masalah kesehatan yang disebabkan oleh mengkonsumsi makanan makan secara berlebihan.

Mengenal Sumber Gizi dan Jenis, serta Fungsinya

Seperti yang diketahui bahwa di dalam asupan gizi terbagi menjadi 6 jenis yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air. Dari setiap jenis gizi tersebut dapat diperoleh dari berbagai macam jenis makanan yang dikonsumsi seperti Sebagai sumber tenaga (karbohidrat), antara lain : nasi, ketela, singkong, dsb, Sebagai sumber pengatur (vitamin, mineral dan serat), pada sayur dan buah dan Sebagai sumber pembangun (protein dan lemak), terdapat pada lauk pauk. Hal ini berfungsi untuk pertumbuhan dan pengganti sel yang rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *