Tingkatkan Kualitas Gizi Anak Dengan Susu

Tingkatkan Kualitas Gizi Anak Dengan Susu

Tingkatkan Kualitas Gizi Anak Dengan Susu

Sejak dari lahir anak sudah dianjurkan untuk diberikan susu (ASI) karena dalam kandungan susu terdapat berbagai nutrisi serta daya tahan tubuh, dan beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak.

Kandungan Gizi pada Susu

Di masa tumbuh kembang anak, anak wajib diberikan gizi seimbang yang dilengkapi dengan pemberian susu seperti apa yang telah diajarkan oleh para ahli kesehatan anak. Hal tersebut akan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak yang sekaligus membantu proses pertumbuhan yang optimal.

Berdasarkan hasil sebuah penelitian, di dalam susu terkandung kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang, selain itu di dalam susu juga mengandung karbohidrat sebagai sumber dari energy yang akan dibutuhkan oleh anak untuk aktivitas sepanjang hari.

Selain dari itu ada beberapa kandungan yang juga terdapat di dalam susu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti

Protein

Susu menjadi salah satu sumber dari protein yang berkualitas tinggi yang sangatlah baik untuk pertumbuhan dan kesehatan. Jenis protein tersebut yaitu protein kasein dan whey. 

Protein Kasein – Protein Kasein bermanfaat dalam peningkatan penyerapan mineral di dalam tubuh seperti kalsium dan fosfor.

Protein Whey – Protein Whey berfungsi sebagai pendukung pertumbuhan dan pemeliharaan otot.

Lemak susu

Lemak susu adalah salah satu lemak alami yang paling kompleks. Pada anak, lemak dari susu membantu tumbuh kembangnya. Berikan anak susu sesuai kebutuhannya untuk menunjang pertumbuhan anak tanpa meningkatkan risiko obesitas.

Vitamin dan Mineral

Susu juga merupakan sumber dari vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Di antaranya ada B12, Kalsium, riboflavin, dan fosfor. Selain itu susu juga diperkaya dengan berbagai vitamin lainnya yang termasuk dengan vitamin A dan Vitamin D.

Susu adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Di antaranya adalah vitamin B12, kalsium, riboflavin, dan fosfor. Selain itu, kebanyakan produk susu juga diperkaya dengan berbagai vitamin lain, termasuk vitamin A dan D.

Meskipun susu merupakan serat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam masa tumbuh kembang namun komposisi dan jumlah susu yang diberikan kepada anak harus diperhatikan. Seperti yang dikutip dari alo dokter untuk susu yang diberikan kepada anak sebaiknya disesuaikan dengan usia dari anak yaitu

Sekitar 480 ml atau 2 gelas susu per hari, untuk anak usia 2 -3 tahun.

Sekitar 600 ml atau sekitar 2-3 gelas per hari, untuk anak usia 4-8 tahun.

Sekitar 720 ml atau sekitar 3 gelas per hari, untuk anak usia 9 tahun ke atas.

Saat ini ada berbagai macam merek susu yang beredar di pasaran, dan sebaiknya anda memilih susu dengan merek yang sudah terbukti kualitasnya. Agar susu aman dikonsumsi oleh anak, pastikan juga anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak dokter untuk memperoleh susu yang berkualitas dan sesuai dengan kondisi anak, karena terkadang ada beberapa jenis susu yang tidak sesuai dengan anak sehingga menyebabkan diare.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *