Manfaat Minum Susu yang Wajib Anda Tahu

Manfaat Minum Susu yang Wajib Anda Tahu

Manfaat Minum Susu yang Wajib Anda Tahu, Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh hidup yang sehat, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, seperti menjadikan susu sebagai minuman pendamping dalam mencapai asupan gizi yang seimbang.

Pasalnya susu adalah minuman yang dikonsumsi oleh semua usia. Di dalam susu terkandung berbagai macam serat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh yang salah satunya adalah kalsium. Kalsium adalah serat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam meningkatkan kesehatan dan ketahanan tulang. Di usia tumbuh kembang anak, susu merupakan asupan yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan gigi sehingga ketika anak anak memperoleh nutrisi yang cukup dari susu, kelak mereka akan tubuh dewasa menjadi orang yang memiliki tulang dan gigi yang kuat dan sehat.

Mengapa Minum Susu Penting bagi Kesehatan?

Di dalam kandungan susu, terdapat beberapa macam nutrisi yang dibutuhkan oleh organ organ tubuh agar dapat berfungsi dengan baik serta terlindungi dari zat atau kuman penyebab penyakit. Secara umum, nutrisi dibagi menjadi dua jenis yaitu, makronutrisi dan mikronutrisi.

Makronutrisi merupakan kelompok nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam kapasitas atau jumlah yang  besar, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara mikronutrisi merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam bentuk yang kecil saja, misalnya seperti vitamin dan mineral, seperti vitamin D, vitamin B, kalsium, dan zat besi.

Untuk memperoleh nutrisi makronutrisi maupun mikronutrisi, kita dapat memperolehnya dari berbagai macam jenis makanan seperti nasi, daging, telur, ikan, serta sayur dan buah. Selain itu, nutrisi makro dan mikro juga bisa diperoleh dari susu, serta berbagai produk olahan susu, seperti keju atau yoghurt.

Karena susu merupakan sumber nutrisi yang baik, sudah sepatutnya susu dikonsumsi secara rutin sebagai upaya untuk menjalani gaya hidup sehat.

Adapun beberapa manfaat yang akan kita peroleh jika dapat mengkonsumsi susu secara rutin, salah satunya seperti

  • Menunjang tumbuh kembang anak

Anak yang telah memasuki usia 6-10 tahun membutuhkan asupan protein sebanyak 35 sampai 40 gram setiap harinya, semntara untuk usia remaja membutuhkan asupan protein sebanyak 50 sampai 70 gram setiap harinya. Pasalnya, protein merupakan makronutrisi yang dibutuhkan anak untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Protein juga berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, melancarkan metabolisme tubuh, menjaga kesehatan tulang, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, serta memperkuat daya tahan tubuh.

  • Menjaga kesehatan tulang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa dalam susu terkandung kalsium yang berfungsi sebagai meningkatkan dan menjaga kekuatan tulang, serta membuat otot dan pembuluh darah berfungsi dengan baik. Agar kesehatan tulang pada anak terjaga, di usia 1 tahun mereka membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1.000 mg setiap harinya, sementara untuk orang dewasa membutuhkan 1.000 sampai 1.200 mh setiap harinya. 

  • Menjaga kesehatan mata

Selain kaya akan kalsium, susu juga mengandung vitamin A yang melimpah. Untuk anak anak mereka membutuhkan asupan vitamin A sebanyak 400 sampai 500 RE dan untuk orang dewasa, mereka membutuhkan Vitamin A sebanyak 600 sampai 700 RE. 

Vitamin A memiliki khasiat yang sangat baik untuk mata. Dengan mencukupi asupan vitamin A, dapat membantu terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang berkaitan dengan mata, salah satunya degenerasi makula.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidak hanya dapat menjaga kesehatan mata saja, kandungan Vitamin A dan Vitamin B12 yang terkandung di dalam susu juga dapat berfungsi sebagai pendukung tumbuh kembang anak serta kesehatan jaringan otak dan saraf sehingga anak anak yang mendapatkan vitamin tersebut memiliki kecerdasan yang cukup baik karena dapat dengan mudah menyerap apa yang telah mereka pelajari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *