Pentingnya Gizi Seimbang bagi Kesehatan

Pentingnya Gizi Seimbang bagi Kesehatan

Pentingnya Gizi Seimbang bagi Kesehatan, Gizi yang tidak seimbang akan berkaitan dengan gangguan kesehatan dan kondisi kesehatan yang buruk, yang dapat menyebabkan penyakit infeksi dan menimbulkan berbagai macam gejala penyakit tidak menular seperti kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah, hipertensi dan stroke), diabetes serta kanker.

Asupan gizi akan mempengaruhi pertumbuhan anak secara optimal sehingga penting halnya sebagai orang tua memenuhi kebutuhan gizi anak dimasa pertumbuhan mereka. Tidak hanya berlaku untuk anak anak usia dini, gizi juga pastinya dibutuhkan oleh semua usia yang dimana gizi akan mempengaruhi sistem kerja dari organ tubuh. Disisi lain gizi juga akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak heran jika orang orang yang gizinya terpenuhi akan sulit terkena penyakit dikarenakan sistem kekebalan tubuh menahan berbagai macam jenis virus yang masuk ke dalam tubuh.

Pengertian Gizi Seimbang

Gizi seimbang adalah susunan dari pangan sehari hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Serat gizi dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan makanan yang bergizi seperti sayur, buah, daging, ikan, kacang dan lain sebagainya.

Prinsip Gizi Seimbang

Prinsi gizi yang seimbang terdiri dari empat pilar yang pada dasarnya merupakan susunan dan rangkaian upaya dalam menyeimbangkan zat gizi yang keluar dan zat gizi yang masuk dengan memantau berat badan secara teratur yaitu.

  1. Mengkonsumsi aneka ragam pangan

Keanekaragaman pangan merupakan beraneka ragam kelompok pangan yang terdiri dari beberapa jenis yaitu makanan pokok, lauk pauk, buah buahan dan sayur sayuran serta air. Memenuhi asupan gizi yang cukup, tidak berlebihan, dan diberikan secara teratur merupakan aspek dasar yang dapat dilakukan untuk memperoleh asupan gizi yang seimbang.

Dalam mengkonsumsi makanan makanan yang menimbulkan resiko gangguan kesehatan sebaiknya dibatasi dengan jumlah yang dianjurkan seperti lemak, garam, gula dan lain sebagainya. Minumlah air dalam jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk memperlancar proses metabolisme dan mencegah dehidrasi.

Jenis Jenis Makanan yang Dikelompokkan berdasarkan jenisnya

  1. Makanan pokok Beras, singkong, ubi jalar, kentang, sagu, jagung, talas, sukun.
  2. Lauk pauk sumber protein: Ikan, telur, susu unggas, daging, dan kacang-kacangan. 
  3. Sayuran : Brokoli, Daun kecipir, Kembang kol, Pepaya muda, Sawi, Buncis, Labu Siam, , dll.
  4. Buah-buahan: Alpokat, Anggur, Belimbing, Blewah, Duku, Apel merah, Apel malang, Durian, Jambu; dll.
  5. Membiasakan perilaku hidup bersih

Membiasakan diri dengan pola hidup bersih dapat menghindarkan seseorang dari keterpaparan terhadap berbagai macam sumber infeksi. Orang orang yang terpapar infeksi akan mengalami penurunan nafsu makannya sehingga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya pun ikut berkurang. Sementara di sisi lain, orang orang yang terpapar infeksi membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk meningkatkan metabolism tubuh dan terutama bagi yang disertai dengan adanya demam.

Begitu pula sebaliknya, orang orang yang kekurangan gizi akan beresiko terpapar infeksi karena keadaan di dalam tubuhnya kekurangan gizi yang menyebabkan daya tahan tubuh menjadi berkurang, sehingga akan sangat mudah terserang berbagai macam jenis penyakit.

  1. Melakukan aktivitas fisik

Melakukan gerakan fisik seperti berolahraga merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memperlancar sistem pengeluaran dan pemasukan zat gizi ke dalam tubuh. Olahraga akan membutuhkan energi yang berasal dari gizi dan proses memperlancar metabolisme zat gizi membutuhkan aktivitas fisik (olahraga) maka dari itu antara zat gizi dengan aktivitas fisik harus dilakukan dan dipenuhi secara bersamaan.

Pentingnya Gizi Optimal

Pola makan merupakan suatu perilaku yang sangat penting untuk diperhatikan karena hal tersebut sangat mempengaruhi gizi yang akan berhubungan dengan kesehatan. Kualitas dan kuantitas makanan dan minuman yang dikonsumsi masyarakat haruslah benar benar diperhatikan agar tubuh dapat terhindar dari berbagai macam jenis penyakit.

tubuh yang telah memperoleh asupan gizi yang cukup pastinya akan lebih tahan dari tubuh tubuh yang kekurangan gizi. Tubuh yang gizinya terpenuhi biasanya lebih kuat, tidak mudah lelah, memiliki berat badan yang baik, tahan terhadap berbagai penyakit dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *