Pengaruh Pola Asuh Terhadap Status Gizi Anak

Pengaruh Pola Asuh Terhadap Status Gizi Anak

Pengaruh Pola Asuh Terhadap Status Gizi Anak

Asupan gizi yang seimbang merupakan suatu hal yang sangat diperlukan oleh anak pada usia kembang tumbuh anak. Pola asuh anak mempengaruhi terpenuhinya gizi pada anak, sebab apa yang diberikan kepada anak untuk dikonsumsi akan mempengaruhi asupan gizi yang mereka terima.

Gizi seimbang diberikan sesuai kebutuhan tubuh anak dengan komposisi yang lengkap. Meliputi: Sumber karbohidrat: nasi, roti, kentang, makaroni, jagung, singkong, dll Sumber protein: susu, daging, ikan, ayam, tahu, tempe, keju, kacang-kacangan, dll Sumber vitamin dan mineral: aneka sayuran dan buah-buahan

Memenuhi asupan gizi seimbang pada anak terbilang gampang gampang susah, susahnya ketika anak anak merasa malas makan, sehingga asupan gizi yang mereka peroleh akan berkurang, maka dari itu, sebagai orang tua, penting halnya untuk mencari cara dan solusi bagaimana agar anak mau makan dan mendapatkan asupan gizi yang seimbang. 

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar si anak mau makan.

  • Kurangi Gangguan Ketika Makan

Agar anak dapat fokus dengan makanan, sebaiknya anda menghindari makan sambil nonton TV atau sambil Main Hp. Jika anak dapat fokus dengan makannya tentu mereka akan lebih lahap saat makan, selain itu meminimalkan gangguan saat makan juga dapat meningkatkan kedekatan antara anak dengan orang tua.

  • Sajikan Porsi Makanan yang Tepat

Beberapa anak biasanya akan menolak untuk makan ketika melihat jumlah porsi makan mereka yang terlalu banyak, maka dari itu sebaiknya anda memberikan makanan dengan porsi yang cukup. Anak anak yang sedang tidak nafsu makan biasanya tidak akan merasa lapar sehingga dengan porsi makanan yang banyak membuat mereka malas untuk makan.

  • Hindari Makan Terlalu Dekat dengan Waktu Tidur

Hindari anda memberikan makan ada anak saat jam tidur akan tiba karena dalam posisi yang mengantuk anak biasanya akan menolak makanan yang anda berikan, maka dari itu berilah makanan 2 atau 3 jam sebelum jam tidur tiba.

  • Hilangkan Stress saat Makan

Jangan menekan atau memarahi anak ketika makan karena hal tersebut dapat membuat anak menjadi menangis dan enggan lagi untuk makan. Hal tersebut juga dapat membuat anak menjadi trauma yang mungkin saja waktu makan yang akan datang mereka merasa takut dan tidak mau makan lagi.

  • Variasikan Makanan

Anak anak yang sedang berada di usia kembang terkadang cepat merasa bosan dan termasuk dengan jenis makanan yang anda berikan, maka dari itu penting halnya untuk mengolah makanan dengan cara yang berbeda beda, agar makanan tetap menggugah selera anak untuk makan.

Dari beberapa tips dan cara di atas, mungkin salah satunya bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mengalami masalah dengan anak yang sulit untuk makan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *