Manfaat Minum Susu sebagai Cara Hidup Sehat

Manfaat Minum Susu sebagai Cara Hidup Sehat

Manfaat Minum Susu sebagai Cara Hidup Sehat, Susu adalah salah satu bagian dari kesempurnaan asupan gizi yang dimana susu dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai minuman pendamping setelah air putih. Baik anak anak, remaja hingga dewasa sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu sebab dalam kandungan susu terdapat berbagai macam serat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam memaksimalkan kinerja serta fungsinya masing masing.

Di dalam kandungan gizi terdapat beberapa serat yang meliputi 

Air: 88,3 gram (g)

Energi: 61 Kalori (Kal)

Protein: 3,2 g

Lemak: 3,5 g

Karbohidrat: 4,3 g

Kalsium: 143 miligram (mg)

Fosfor: 60 mg

Zat besi: 1,7 mg

Natrium: 36 mg

Kalium: 149 mg

Zinc (seng): 0,3 mg

Retinol (vitamin A): 39 mikrogram (mcg)

Beta-karoten: 12 mcg

Thiamin (vitamin B1): 0,03 mg

Riboflavin (vitamin B2): 0,18 mg

Vitamin C: 1 mg 

Manfaat Mengkonsumsi Susu

Dengan kandungan kandungan yang terkandung di dalam susu, jika akan memperoleh beberapa khasiat jika mengkonsumsi susu sapi secara rutin, salah satunya seperti

  1. Meningkatkan kekuatan tulang

Kandungan kalsium yang berada di dalam susu dapat meningkatkan kekuatan tulang dan gigi, jika anak anak dalam usia tumbuh kembang jika memperoleh kalsium yang cukup, mereka cenderung memiliki tubuh yang tinggi kelak setelah dewasa nanti, sedangkan jika para orang tua mengkonsumsi susu secara rutin maka hal tersebut dapat membentuk sistem ketahanan tulang yang lebih baik.

  1. Menjaga kesehatan jantung

usu sapi mengandung asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, sehingga dengan mengkonsumsi susu kesehatan jantung akan lebih terjaga. Namun meskipun demikian, mengkonsumsi susu harus dalam porsi yang sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh pakar kesehatan dan terutama bagi anda yang sudah terlanjur memiliki masalah dengan jantung, Pasalnya, asupan lemak yang berlebihan dari susu sapi juga dapat meningkatkan kolesterol sehingga justru berisiko memicu penyakit jantung. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih susu sapi rendah lemak.

  1. Meningkatkan massa otot

Selain meningkatkan ketahanan tulang, susu juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan massa otot. Hal tersebut dikarenakan serat protein yang ada di dalam susu. Bahkan, sebagian wanita juga mengalami efek pengurangan lemak dengan mengkonsumsi susu.

  1. Menurunkan risiko kanker

Asam lemak omega-3 pada susu sapi murni juga memberikan manfaat yakni menurunkan risiko terkena kanker, dan selain itu susu sapi juga kaya akan antioksidan seperti beta-karoten yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas serta memperkecil peluang terkena kanker.

Menurut sebuah artikel dari Food and Nutrition Research, minum susu sapi diyakini dapat melindungi Anda dari risiko kanker kolorektal, kanker prostat, serta kanker payudara.

Dengan minum susu sapi, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk menurunkan risiko penyakit kanker.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Paling menariknya di dalam kandungan susu sapi mengandung vitamin A, asam lemak omega-3, yang dimana serat tersebut sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak akan mudah terserang berbagai macam jenis penyakit.

  1. Menurunkan kadar gula dalam darah

Manfaat lain dari mengkonsumsi susu sapi adalah dapat menurunkan kadar gula dalam darah, berdasarkan sebuah penelitian dari Journal of Dairy Science membuktikan bahwa konsumsi susu sapi di pagi hari sewaktu sarapan bisa memberi manfaat positif pada kadar gula darah.

Dari penelitian tersebut didapat hasil bahwa susu yang diminum di pagi hari membuat pencernaan karbohidrat dalam tubuh melambat sehingga kadar gula darah dapat terjaga.

Itulah beberapa manfaat jika mengkonsumsi susu sapi, dan semoga penjelasan di atas dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *