Makanan Sehat dan Bergizi agar Selalu Bugar

Makanan Sehat dan Bergizi agar Selalu Bugar

Makanan Sehat dan Bergizi agar Selalu Bugar

Makanan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Seperti yang diketahui, bahwa makanan merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan setiap organ tubuh, dalam menjalankan fungsinya masing masing.

Daftar Menu Makan Sehat dan Bergizi

Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar tubuh tetap sehat dan bugar. Apa saja jenis jenis makanan tersebut.? berikut beberapa diantaranya.

  1. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat waktu sarapan. Kandungan serat yang tinggi yang terkandung di dalam oatmeal dapat menjaga system pencernaan. Mengkonsumsi oatmeal saat sarapan dapat membuat rasa kenyang tahan lebih lama sehingga tubuh tidak mudah merasa lapar dan kehabisan energy di saat beraktivitas. Sajikan oatmeal dengan susu dan madu untuk menambah rasa manis alami, atau bisa juga diolah menjadi snack seperti granola bar, cookies, dan lain-lain.

  1. Kacang-kacangan

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian yang dilakukan, kacang kacangan adalah menu makanan yang selalu dikonsumsi oleh orang orang yang berada di zona hidup yang lebih tinggi. Kandungan yang terdapat di dalam kacang kacangan sangat baik untuk kesehatan jantung dan jadi salah satu pencegah diabetes. Hal ini dikarenakan dalam kacang kacangan mengandung magnesium dan lemak tak jenuh yang sehat untuk tubuh. Selain itu, kacang kacangan juga dapat bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, dan serat yang baik untuk pencernaan.

  1. Buah Jeruk

Buah jeruk sangat terkenal dengan buah yang kaya akan vitamin C, serat dan juga folat. Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk sangatlah dibutuhkan oleh tubuh dalam memproduksi sel darah putih dan antibodi yang dapat melawan infeksi di dalam tubuh.

Sahabat bisa mengkonsumsi buah jeruk setiap harinya untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C.

  1. Yogurt

Di dalam Yogurt terkandung probiotik yang sehat untuk kesehatan usus dan sistem pencernaan. Selain probiotik, yogurt juga  kalsium, vitamin B12, kalium, fosfor, dan zinc. Kandungan tersebut merupakan nutrisi yang sangatlah dibutuhkan oleh tubuh dalam memaksimalkan fungsi dari organ masing masing, misalnya seperti kalsium yang berfungsi sebagai pendukung pertumbuhan tulang dan gigi secara optimal. Jika anda ingin mengkonsumsi yogurt dengan rasa yang manis, maka cobalah untuk menambahkan pemanis alami seperti misalnya madu.

  1. Beri-berian

Buah yang termasuk dalam jenis beri berian adalah stroberi, blueberry, raspberry, dan sebagainya. Buah beri berian merupakan buah yang kaya akan serat, antioksidan, dan nutrisi yang dapat menangkal banyak penyakit. Raspberry dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang dapat mencegah kanker, blueberry dapat memperkuat ingatan, dan stroberi dapat mempercantik kulit dengan kandungan vitamin C-nya. Sahabat bisa menjadikan beri berian sebagai cemilan sehari hari. 

  1. Teh Hijau

Ketika sedang mual dan pusing, banyak orang yang cenderung mengkonsumsi teh untuk menghilangkan perasaan perasaan tersebut. ada berbagai macam jenis teh yang dapat sahabat konsumsi yang salah satunya adalah teh hijau. Teh hijau adalah makanan yang mengandung antioksidan dan dapat mengurangi inflamasi. 

Jika sahabat mengkonsumsi teh secara rutin setelah makan atau beberapa jam sebelum tidur, dipecaya dapat mengikat lemak lemak yang berlebihan dari makanan, melancarkan sistem pencernaaan dan lain sebagainya. banyak orang juga menggunakan teh hijau sebagai minuman pendamping untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Nah itulah beberapa jenis makanan yang mungkin bisa masuk ke dalam menu makanan dan minuman sehari hari dengan berbagai manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *