Makanan Bergizi Untuk Covid

Makanan Bergizi Untuk Covid

Makanan bergizi untuk Covid

Di masa pandemic covid 19 seperti saat ini, kita dituntut untuk benar benar menjaga kesehatan tubuh dan termasuk dengan menjaga pola dan menu makanan. Seperti yang diketahui, bahwa dari jenis jenis makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi nutrisi yang akan didapatkan oleh tubuh. 

Misalnya seperti mengonsumsi makanan segar dan tidak diproses. Dapat membantu tubuh mendapatkan asupan vitamin, mineral, serat, protein, dan antioksidan. Tidak hanya itu, untuk mengurangi risiko penyakit pada tubuh, asupan gula, lemak, dan garam juga sebaiknya dibatasi.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO memiliki catatan makanan apa saja yang harus dikonsumsi selama pandemi. 

Dilansir dari WHO, berikut adalah jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi selama pandemi Covid-19.  Mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, telur, ikan, dan susu sangat direkomendasikan guna menjaga kesehatan di tengah pandemic covid 19.

Dari beberapa jenis makanan yang seharusnya memberikan nutrisi terhadap tubuh, dapat hilang jika cara penyajian atau masaknya salah, misalnya seperti masak sayur dengan terlalu lama, dapat membuat nutrisi yang ada di dalamnya hilang sehingga tubuh tidak dapat memperoleh asupan yang seharusnya diberikan dari sayur sayuran tersebut, maka dari itu sangat penting halnya untuk memperhatikan cara penyajian makanan.

Tips Makanan Sehat Selama Covid Menurut Badan Kesehatan Dunia

Badan Kesehatan Dunia  atau WHO menyarankan untuk makan 4 porsi buah, 5 porsi sayuran, 180 gram biji-bijian, dan kacang-kacangan setiap hari. Sedangkan untuk makanan seperti daging merah, dapat dikonsumsi dua kali per minggu dan unggas sebaiknya dikonsumsi dua hingga kali dalam seminggu. Sebmentara sebagai cemilan, sahabat sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayur saja dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi atau makanan dengan kadar lemak yang tinggi.

Minum air putih yang cukup

Selain memenuhi asupan nutrisi, hidrasi pada tubuh juga sangatlah penting untuk dipenuhi. Kebutuhan air di dalam tubuh sangatlah penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Cairan atau air putih berfungsi untuk mengangkut nutrisi dan senyawa dalam darah, mengatur suhu dalam tubuh, membuang limbah, serta melumasi bantalan sendi.

Menurut dunia kesehatan, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi air minimal 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air. Meskipun air mineral merupakan pilihan terbaik, asupan air juga dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan air yang melimpah.

Batasi makanan berlemak

Meskipun lemak merupakan salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh, namun mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak yang tinggi dapat mengakibatkan tubuh mengalami berat yang berlebihan (kegemukan). Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan seperti daging berlemak, mentega, minyak kelapa, krim, dan keju. Jika sahabat ingin mengkonsumsi daging, maka pilihlah daging daging putih seperti ikan dan unggas, karena lebih rendah lemak dibandingkan dengan daging merah. 

Selain menghindari mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi, makanan dengan kadar lemak trans juga perlu untuk dihindari. Lemak trans biasanya terdapat di dalam makanan olahan dan makanan cepat saji. Pilihlah buah segar atau kacang-kacangan sebagai cemilan yang sehat dibandingkan dengan makanan penutup yang mengandung manis manisan.

Hindari makan di luar 

Selama mewabahnya covid, sebaiknya sahabat menghindari mengkonsumsi makanan atau jajanan luar rumah. mengurangi kontak dengan orang lain merupakan salah satu cara yang harus dilakukan demi menghindari penularan covid 19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *