Seberapa Besar Manfaat Susu bagi Kesehatan?

Seberapa Besar Manfaat Susu bagi Kesehatan?

Seberapa Besar Manfaat Susu bagi Kesehatan?

Mengkonsumsi susu secara rutin merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan di dunia kesehatan, sebab dengan mengkonsumsi susu secara rutin dapat melengkapi asupan gizi yang kurang terpenuhi, maka dari itu susu sangat dianjurkan untuk selalu dikonsumsi setiap harinya agar asupan gizi yang tidak dapat terpenuhi melalui makanan dapat diperoleh dengan mengkonsumsi susu secara rutin.

Seberapa besar manfaat susu bagi kesehatan.?

Ya tentu saja manfaat dari susu sangatlah besar sebab di dalam kandungan susu terkandung berbagai macam serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam memaksimalkan fungsi organ tubuh masing masing.

Salah satu serat yang dapat kita peroleh di dalam susu adalah kalsium. Kalsium adalah serat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam meningkatkan ketahanan serta memaksimalkan pertumbuhan tulang, sehingga anak anak yang sedang berada di usia tumbuh kembang, mereka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu agar pertumbuhan dapat optimal. Selain meningkatkan pertumbuhan tulang, kalsuium juga berfungsi sebagai mengatur prosesproses tubuh dalam darah dan jaringan dan penggumpalan darah.

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi susu secara rutin yang salah satunya seperti

  • Menunjang tumbuh kembang anak

Anak di usia 6-10 tahun perlu mendapat asupan protein sebanyak 35 sampai dengan 40 gram setiap harinya. Sedangkan remaja membutuhkan protein sebanyak 50 sampai dengan 70 setiap harinya. Pasalnya protein merupakan makronutrisi yang dibutuhkan anak dalam menunjang tumbuh kembang secara optimal.

Di lain sisi protein juga memiliki fungsi sebagai meningkatkan kekuatan dan massa otot serta melancarkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan tulang. Protein juga akan membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan memperkuat daya tahan tubuh.

  • Menjaga kesehatan tulang

Kalsium adalah mineral utama yang terkandung dalam susu. Tubuh akan membuthkan kalsium untuk meningkatkan dan menjaga kekuatan tulang serta membuat otot dan pembuluh darah berfungsi dengan baik.

Agar kesehatan tulang dapat terjaga, anak anak yang berada di usia 1 tahun ke atas, mereka membutuhkan 

Asupan kalsium sebanyak 1.000 mg per hari, sementara untuk orang dewasa mereka membutuhkan 1.000–1.200 mg per hari. Kebutuhan kalsium tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti susu, keju, yoghurt, ikan, dan kacang kedelai.

  • Menjaga kesehatan mata

Selain kaya akan kalsium, susu juga mengandung vitamin , yang dimana vitamin A berperan untuk kesehatan indera penglihatan, sehingga dengan mengkonsumsi vitamin A dapat membantu kita terhindari dari penyakit yang berkaitan dengan penglihatan seperti degenerasi makula. Setiap harinya, anak-anak dianjurkan untuk mendapat asupan vitamin A sebanyak 400–500 RE dan orang dewasa sebanyak 600–700 RE.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat vitamin A dan vitamin B12 dalam susu tidak hanya untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin ini juga berperan terhadap fungsi sistem kekebalan tubuh dan otak.

Berbagai studi menunjukkan bahwa vitamin B12 berfungsi untuk mendukung tumbuh kembang anak serta kesehatan jaringan otak dan sarafnya. Dengan tercukupinya asupan vitamin B12, kemampuan belajar dan daya konsentrasi anak akan meningkat.

Vitamin A dan vitamin B12 bertugas untuk mencegah zat berbahaya atau kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Vitamin ini pun turut membantu produksi sel darah putih yang berperan menangkap dan menghancurkan zat serta kuman berbahaya di dalam tubuh.

Vitamin B12 pun berperan penting dalam produk sel darah merah, sehingga dapat mencegah anemia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *